Wednesday 5 December 2018

about Homeschooling

Aku homeschooler..biasanya kalo lagi pergi ke suatu tempat aku bakal ditanya “Dimana sekolahnya?” dijawab, “Homeschooling..” kadang ada yang ngebalas “apa itu homeschooling?” ada juga “oohh.. sulingan (salah dengar)” ada juga yang ngebalas “oh di Banjarmasin”. Memang sih di Tanjung ini ga banyak yang homeschooling..kayak 99% anak anak yang ada di Tanjung itu sekolah..bahkaananak anak homeschooling itu masih bisa di hitung jari!

Sederhananya homeschooling itu sekolah di rumah, #fyi. 

Cerita di mulai sekarang..
Waktu itu aku kelas 6 SD, ditanyaiin temen2..”Nis kamu nanti lanjut kemana? Ke SMP ini kah? (SMP-nya satu yayasan sama SD nya)” kujawab..”ga..aku Homeschooling..”
Pada nanya lagi..”apa itu Home..apa?homeschooling?” 
Kujelasin deh kalo homeschooling itu sekolah di rumah..apa reaksinya?
wah enak ya gausah belajar..
gurunya dating kerumah kah?
Spp nya gimana?
Mahal ga sih bayar homeschooling?
Berarti santai aja dong dirumah..

Reaksi diatas itu salaah semuaaaa..jadi gini..
Pertama, homeschooling itu tetep belajar…bahkan kalo aku belajar gurunya online..dan gurunya gabisa ditanya tanya karnya gurunya ini cuma bikin video dang a ada kolom komentar..jadi ya ga kayak guru in real life ya..bisa ditanya..dan lain lain..

Kedua, guru ga dating kerumah..seperti yang udah ujelaskan diatas..guru bisa online..atau aku harus ikut les..

Ketiga,…kita ga pake SPP..

Keempat, kita ga pake bayar2 kecuali untuk les..

Kelima, aku sebagai homeschooler ga ngerasa santai santai amat,,tapi ya lebih santai daripada sekolah :v dan kalo homeschooling itu kegiatannya lebih ber variasi.. ga cuma belajar..ga cuma itu ituu aja kegiatannya..dan semua kegiatan yang aku lakukan itu mikir sendiri..ga di pikirin guru…

Dan yang pasti homeschooling juga ada minus nya..aku ga bakal bilang kalo homeschooling itu paling perfect..karna homeschooling ada minusnya..dan sekolah pasti ada minusnya juga..dan ga ada diantara dua ini yang perfect yakan? 

Sekian blogku kali ini..oya btw blog ini ga bermaksud ngejelekin sekolah loh yaa,, 
makasih udah baca babaaaaayyy

No comments:

Post a Comment